Senin, 19 November 2012

Peringatan Hari Ulang Tahun Gowa Yang Bernuansa Budaya


Sen, 19/11/2012 
Berbagai aktraksi budaya dilaksanakan  untuk mewarnai puncak peringatan Hari Ulang tahun (HUT) Kabupaten Gowa ke-692 yang digelar di halaman Museum Balla Lompoa Sungguminasa, Kabupaten Gowa, baru-baru ini. Aktraksi kesenian yang ditampilkan adalah tarian kolosal yaitu tarian yang menyambut tamu penting, aktraksi budaya yang mengisahkan  perjalanan masyarakat Gowa pada masa perang Kerajaan Gowa pada masa lalu. Tarian khas Makassar Appadekko dan pembacaan sejarah terbentuknya Gowa dan beberapa aktraksi kesenian memukau ratusan undangan dan ribuan warga yang menyaksikan puncak peringatan HUT Gowa ini.
Dalam peringatan ini, sejumlah pejabat penting yang hadir dalam HUT Gowa yakni, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, Ketua DPRD Sulawesi Selatan, Muh Roem, Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo, Bupati Bantaeng, Nurdin Abdullah dan para Kepala Dinas, Camat dan sejumlah pejabat dan unsur Muspida lainnya. Sementara itu, Bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo mengaku  bangga menjadi orang Gowa, selain menjunjung tinggi budaya dan kesenian khas Gowa, juga masih tetap menjaga martabat sebagai orang Gowa. Kami bangga jadi orang Gowa, sebab selain  tetap melestarikan nilai budaya, juga tetap menjadi harkat dan martabat sebagain orang Gowa hingga daerah berjuluk Gowa ini dinobatkan sebagai lokomotif Sulawesi Selatan.
Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul yasin Limpo, pada kesempatan itu meminta agar warga Gowa tetap bersatu tidak terpecah belah. Dia mengatakan bahwa jabatan ini bukan segalanya sehingga sesama orang Gowa harus saling menjaga. Rakyat Gowa punya komitmen teguh yang pantang untuk dilanggar, yakni bersatu demi keutuhan dalam kekeluargaan yang tidak pernah terpisahkan. Mantan Sekkab dan Bupati Gowa dua periode tersebut mengatakan bahwa patut yang dibanggakan adalah bahwa pejabat Gowa belum pernah tersangkut hukum, itu disebabkan karena pejabat Gowa menjunjung budaya siri napacce, dan dia juga mengharapkan agar pendidikan yang selama ini digalakkan perlu lebih ditingkatkan, karena setiap tahun angka kelulusan siswa semakin meningkat setiap tahunnya pasca pendidikan gratis.
Yy / Sv(Senin, 19 November 2012)
Sumber: http://www.sulsel.go.id/content/peringatan-hari-ulang-tahun-gowa-yang-bernuansa-budaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar