Senin, 03 Desember 2012

Bulog Serap Beras Petani 480 Ribu Ton


Senin, 03 Desember 2012

MAKASSAR,  -- Pembelian beras Perum Bulog Divisi Regional VI Sulselbar dari petani sudah 91 persen dari target. Per 30 November 2012, volume beras serapan Bulog sudah mencapai 480 ribu ton dari rencana 526 ribu ton.

Kepala Bulog Divre VII Sulsel Tommy S Sikado di Makasar mengatakan, tidak mudah mencapai prognosa tersebut. Namun kata dia, dengan surplus beras rata-rata dua juta ton per tahun di daerah ini, pihaknya bisa menyerap sesuai target.

"Pada awal 2012 prognosa Bulog Sulselbar 450.000 ton namun ditingkatkan, menjadi 526 ribu ton. Penambahan itu didasarkan pada kondisi panen yang cukup berhasil," kata Tommy, Sabtu 1 Desember.

Menurut dia, dari hasil pantauan di lapangan produksi petani pada 24 kabupaten/kota cukup menjanjikan untuk memenuhi prognosa tersebut. "Mudah-mudahan cuaca esktrem tidak terjadi, sehingga hasil panen pada musim panen rendengan dan gaduh bisa berhasil," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu'mang meminta Perum Bulog Divre VII Sulselbar mengoptimalkan penyerapan beras petani. Tujuannya memperkuat ketahanan pangan masyarakat.
"Kita mendorong target surplus beras nasional sebesar 10 juta ton tercapai pada 2014. Sulsel sebagai lumbung pangan diharapkan bisa berkontribusi 2,1 juta ton tahun ini," bebernya.

Agus mengatakan, Pemprov Sulsel telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi anomaly cuaca tahun depan. Di antaranya penyiapan benih dan pupuk.

Menurut Agus, berdasar angka ramalan dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi Sulsel tahun ini, lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya yang hanya 4,3 juta ton gabah kering giling. Peningkatan tersebut dipengaruhi luas panen yang bertambah 8,79  persen menjadi 480 ribu hektare dan keberhasilan program pertanian Pemprov Sulsel.

Khusus stok pupuk Sulsel, diakui masih bertahan hingga musim tanam Februari mendatang. Tahun ini, produksi padi Sulsel diprediski naik 7  persen  lebih menjadi 4,8 juta ton. (aci/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121202232320-bulog-serap-beras-petani-480-ribu-ton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar