Rabu, 22 Februari 2012

Pemprov Prioritaskan Bypass Mamminasata



Selasa, 21 Februari 2012 

REI dan Kadin Diharap Membantu 
MAKASSAR, FAJAR -- Proyek bypass Mamminasata menjadi fokus Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk diselesaikan. Hanya saja, untuk saat ini, lahan masih menjadi salah satu kendala.

Untuk diketahui, bypass Mamminasata yang ancang-ancang anggarannya Rp800 miliar panjangnya sekitar 49 kilometer. Bypass ini diawali dengan membangun jalan dari Kecamatan Maros Baru melewati Kecamatan Moncolloe, Maros. Setelah itu, dilanjutkan ke Kecamatan Pattalassang dan berakhir di Galesong, Kabupaten Gowa.

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang, Senin, 20 Februari mengatakan, saat ini, mereka berharap bisa memporsir bypass Gowa-Maros. "Kalau Makassar kan hanya arteri Mamminasata," katanya. Arteri yang dimaksud yakni jalan radial Abdullah Dg Sirua dan Jalan radial Hertasning yang merupakan jaringan jalan Mamminasata di Makassar.

Terkait pengembangan jalan di kawasan Mamminasata, sebenarnya pemprov Sulsel sudah mengagendakan pertemuan dengan pihak terkait lainnya termasuk dari pusat. Hanya saja, Dirjen yang menangani hal ini tidak sampat hadir.

"Jadi nanti diatur ulang. Tetap jalan, cuma konfirmasi Jakarta-nya belum, jadi ditunda," kata Agus di kantor gubernur siang kemarin.

Soal tidak adanya anggaran jalan untuk Mamminasata tahun ini sebagaimana disampaikan Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Jalan Nasional Makassar, Rahman Djamil sebelumnya, Agus mengatakan, pemprov belum mengecek kebenarannya. "Saya belum cek bener. Tapi sebenarnya bukan persoalan jalannya, tapi ini soal pembebasan di kabupaten. Jadi ini yang kita mau bicarakan dengan kabupaten. Karena dulu Gowa kan sudah siap, cuma Maros yang belum," kata Agus.

Bagi Agus, untuk jalan Mamminasata, berbagai pihak harus dilibatkan. "Makanya pertemuan itu rencananya kita akan hadirkan juga stakeholder seperti REI dan Kadin. Siapa tahu mereka mau berpartisipasi di situ. Mereka kan bisa beli lahan di situ, bisa negoisasi di situ. Kan ini persoalan biasa, dari pemerintah telah keluar dananya, berubah lagi harga," katanya. 



Sumber : http://www.fajar.co.id/read-20120220231245-pemprov-prioritaskan-bypass-mamminasata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar