Selasa, 10 Juli 2012

BUMN, Kadin, Distributor Siap Operasi Pasar

Selasa, 10 Juli 2012 
MAKASSAR,  -- Perusahaan pelat merah bersama Kadin, distributor bahan pokok, dan pemerintah daerah akan melakukan operasi pasar. Tujuannya, menstabilkan harga di pasar yang mengalami kenaikan jauh hari sebelum Ramadan.

"Kita tak mau ambil risiko, biasanya jelang Ramadan harga secara alami bergerak naik. Makanya, antisipasi kami, menggelar pasar murah di beberapa titik," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sulsel Zulkarnain Arief, usai rapat persiapan Pasar Murah di Warkop 57 Makassar, Senin 9 Juli.

Menurut Zulkarnain, Pasar Murah hanya untuk memastikan penyediaan stok pangan dalam keadaan aman selama Ramadan sampai dengan Idulfitri 1433 H. Selain itu, Kadin juga akan mengawal seluruh matarantai pengelolaan produk pangan yang dibutuhkan masyarakat.

"Ada sembilan jenis bahan konsumsi dalam satu paket. Kita dibantu teman-teman dari BUMN dan distributor untuk pengadaan barang. Harganya tentu di bawah harga pasar," tuturnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulsel Hadi Basalamah mengatakan, harga sembako di Pasar Murah dijamin 30 persen lebih rendah dari harga di toko. Khusus di Makssar, kata dia, Pasar Murah yang melibatkan stakeholder sembilan bahan pokok, akan digelar di empat titik.

"Kami belum tentukan titiknya. Tim Pasar Murah masih akan menggelar rapat untuk menentukan jadwal sekaligus tempat pelaksanaannya," terang Hadi.

Adapun sembilan bahan pokok yang akan ditawarkan dalam Pasar Murah adalah beras, terigu, susu, minyak goreng, mentega, gula pasir, telur, dan mi instan. "Pasar Murah nantinya akan mengendarkan 1.000 paket," ucap Hadi.

Pemerintah kata Hadi, juga meminta aparat keamanan mengawal mobilitas barang konsumsi selama Ramadan sampai dengan Idulfitri 1433 H. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan rasa nyaman bagi pengguna jasa transportasi.

"Kelancaran transporasi barang, terutama hasil bumi, harus juga menjadi perhatian karena jika tak lancar, hasil bumi bisa cepat busuk," katanya. (aci/upi)



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120710013513-bumn-kadin-distributor-siap-operasi-pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar