Selasa, 10 Juli 2012

Bulog Sulsel Jamin Harga Beras Stabil


Selasa, 10 Juli 2012 

Makassar  - Kepala Divre Perum Bulog Sulsel Tommy S Sikado menjamin harga beras stabil menjelang Ramadhan, karena beras yang dikuasai Bulog Sulsel mencapai 208 ribu ton.

"Jumlah tersebut dapat mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Sulsel dan Sulbar hingga 24 bulan ke depan," kata Tommy di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, asumsi pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat di daerah ini selama setahun, karena rata-rata kebutuhan konsumsi masyarakat di wilayah kerjanya hanya 7.600 ton per bulan.

Dengan ketahanan beras tersebut, lanjut dia, masyarakat Sulsel dan Sulbar tidak perlu khawatir dengan lonjakan harga beras akibat kekurangan stok.

"Yang jelas, ketersediaan beras Sulsel aman. Sedang apabila ada praktek spekulan yang mencoba memainkan harga saat kebutuhan meningkat, tim kami senantiasa melakukan pengawasan," katanya.

Hal itu merupakan upaya Bulog dalam menjalankan fungsi pengawasan dengan memantau semua kemungkinan penyebab melonjaknya harga beras di pasaran.

Dia mengatakan, jadi mulai dari produksi, distribusi hingga ke tingkat pengecer, kami sudah menyiapkan tim untuk melakukan pengawasan. Hal tersebut dimaksudkan agar dapat melindungi masyarakat dari ulah para spekulan.

Sementara itu, harga beras jenium medium yang merupakan tanggung jawab Bulog dalam menstabilkan harga, rata-rata di pasar tradisional dijual seharga Rp6.500 - Rp6.800 per liter.

"Beras medium ini harganya relatif stabil, hanya beras kualitas utama yang mengalami sedikit kenaikan seperti beras Kepala atau Kristal hanya mencapai Rp7.800 per kg, bahkan beras Celebes ada yang menjual hingga Rp8.300 per kg," kata salah seorang penjual beras di Pasar Terong, Makassar Sumaenah. (T.S036/B008)
Sumber: http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/40273/bulog-sulsel-jamin-harga-beras-stabil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar