Selasa, 10 Juli 2012

Gubernur Minta IKI Membuat Terobosan


Selasa, 10 Juli 2012 
MAKASSAR,  -- Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta agar PT Industri Kapal Indonesia (IKI) segera dibenahi. tahun ini, IKI diharapkan melakukan terbosan baru agar bisa memproduksi dan menerima pesanan rehabilitasi kapal.

"Saya mau melihat tahun ini PT IKI sudah ada terobosan, dan harus bangkit," kata Syahrul usai menerima Direktur PT IKI Fajar Harry Sampurno Kuffal, di Rumah Jabatan Gubernur, Senin 9 Juli.

Syahrul mengatakan, Indonesia, khususnya Sulsel sangat membutuhkan kapal. Oleh karena itu, dia meminta agar PT IKI membuat rancangan agar bisa mengajukan anggarannya ke pemerintah. "Ajukan kepada saya, nanti saya yang terobos untuk dapatkan anggarannya," ujarnya.

Menurutnya, PT IKI tidak pantas seperti sekarang. IKI kata dia, adalah kebanggaan di Sulsel oleh karena itu penanganannya tidak boleh sebagai second industry atau second business.

"Itu sudah saya sampaikan kepada Menteri BUMN dan orang-orang IKI. Oleh karena itu, saya justru merasa tidak pantas IKI hanya seperti sekarang apalagi bangkrut, kecuali kalau korupsi memang di dalamnya," terangnya.

Sementara, Direktur PT IKI Fajar Harry Sampurno Kuffal, berharap agar Gubernur Sulsel bisa mensupport PT IKI dalam memecahkan persoalan-persoalan yang dihadapi. Termasuk, dukungan untuk membuat terobosan agar PT IKI bisa eksis.

PT IKI mendapat bantuan dari APBN tahun senilai Rp260 miliar dan akan dikucurkan Agustus tahun ini. Oleh karena itu, pihaknya juga terus berbenah termasuk perbaikan sarana dan renovasi kapal (grafing dock), serta persiapan sistem. Khusus graffing dock, bagian pintu sudah rampung dan telah diresmikan pada 22 Maret lalu.

Saat ini, pihaknya memperbaiki bagian lain, seperti pompa. Pengerjaan ini, katanya, sudah dilakukan sejak Januari lalu. "Sejak Januari hingga sekarang, sudah ada 26 kapal yang masuk termasuk Angkutan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP)," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya juga mengembangkan kerja sama dengan BUMN lain. Setelah bekerja sama dengan PT Semen Tonasa, PT Krakatau Steel (KS), PT ASDP, serta PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS), kali ini PT IKI Makassar menggandeng PT Biro Klasifikasi Indonesia dan BRI.

Bentuk kerja sama dengan BRI menurutnya, yaitu bersinergi dalam pembuatan ID Card karyawan serta pengaturan rekening untuk sistem penggajian via BRI. (aci/upi)



Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20120710013153-gubernur-minta-iki-membuat-terobosan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar