Selasa, 31 Juli 2012

Sulsel Segera Dibanjiri Wisatawan Domestik


Selasa, 31 Juli 2012

MAKASSAR– Para wisatawan domestik akan banyak datang ke Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Mereka akan mulai berdatangan menjelang hingga sesudah lebaran. 

Kondisi ini berbeda dengan awal hingga pertengahan Ramadan ini yang cenderung mengalami penurunan. “Ini terlihat dengan telah banyaknya reservasi yang dilakukan calon wisatawan untuk paket liburan setelah lebaran mendatang,”ujar Ketua Walau Association of the Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Sulsel Didi L Manaba kepada SINDOdi Makassar,kemarin.

Menurut Didi,tingginya jumlah reservasi paket liburan di sejumlah travel tours yang mengalami peningkatan 5% hingga 10% dari reservasi yang dilakukan pada momen yang sama tahun lalu,mengindikasikan hingga akhir tahun, total wisatawandomestikke Sulselakan melebihi capaian tahun lalu. Begitu pula dengan wisatawan mancanegara (wisman). Jika saat ini terjadi penurunan pada wisatawan domestik, tidak dengan wisman.

Menurut Didi, alur kunjungan wisman ke Sulsel tetap pada ritme biasa, karena banyak di antara wisman tersebut telah membeli paket jauh hari sebelum Ramadan tiba.“Puncak kunjungan wisman akan terjadi Agustus hingga akhir tahun,”kata Didi. Akan meningkatnya kunjungan wisatawan domestik ke Sulsel karena lebaran tahun ini, bertepatan pula dengan peak season. Sehingga, selain banyak masyarakat menggunakan libur lebaran untuk pulang kampung,juga digunakan untuk liburan ke sejumlah tempat wisata.

Menurut Didi, walau pada Mei lalu kunjungan Wisman ke Sulsel menurun 8,39% jika dibandingkan April sebelumnya, namun kini telah meningkat signifikan. “Memang wisman banyak berkunjung saat penghujung tahun. Itu sudah rutin terjadi,”ujarnya.

Harga Tiket Naik

Selain mempersiapkan penjualan paket libur setelah lebaran, anggota Asita kini juga tengah sibuk meladeni penjualan tiket mudik lebaran. Menurut Didi, banyak tours and travel di Sulsel kini fokus untuk menjual tiket saja. “Ini karena permintaan tiket pesawat sudah mulai meningkat,” kata dia. Harga tiket pun merangkak naik.“Jika kini kita masih mendapatkan harga sedikit murah, ke depannya akan semakin susah. Harga tiket sudah mulai naik,dan menjelang hari H akan lebih mahal lagi,”kata dia.

Hal ini juga dibenarkan Duty Manager Lion Air Makassar M Aliwes.Menurutnya,permintaan tiket kini makin banyak. Walau maskapainya telah dibanjiri permintaan tiket, belum ada kepastian Lion Air akan menambah armada untuk ke berbagai rute dari dan menuju Makassar. “Permintaan tiket sudah naik, harga masih bisa dikontrol. Tetapi soal penambahan armada, kami belum sepakati. Nanti akan dilihat ke depannya,” tandas Aliwes. rahmat hardiansya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar