Rabu, 12 Desember 2012

Berwisata Plus Mengenal Lingkungan di PPLH Puntondo


Rabu, Desember 12th, 2012


Kawasan wisata pendidikan PPLH Puntondo, Kab Takalar Sulawesi Selatan

OMBAK yang tenang dan alam pedesaan yang masih kental dengan tradisi lokal, rumah-rumah panggung berjajar sepanjang jalan dengan masyarakat yang ramah akan menyambut kedatangan anda di Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo. Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Puntondo ini terletak di Teluk Laikang, tepatnya di Dusun Puntondo, Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar – Sulawesi Selatan.

PPLH Puntondo menyediakan beragam fasilitas yang menunjang kahadiran anda untuk berwisata sekaligus belajar lingkungan. Ada Pendopo, Perpustakaan, Ruang seminar, Restoran, Asrama dan Bungalow. Bangunannnya memiliki arsitektur rumah panggung dengan desain yang menarik, unik dan tentu saja nyaman.

Selain itu ada peralatan Tekhnologi Ramah Lingkungan (TRL). TRL yang bisa anda dapatkan di PPLH Puntondo yaitu, Solar cooker (memasak dengan tenaga surya), water treatment ( pengelolaan air limbah), Distilasi air, Tandon, kompos, arang briket, penjernihan air, daur ulang kertas dan kincir angin.

Dikawasan wisata berpasir putih ini anda juga bisa melakukan kegiatan Out Ward Bound. Dalam kegiatan ini anda bisa menilai kemampuan diri sendiri, juga bagaimana berkomunikasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain terutama dengan rekan satu team. Juga akhirnya bagaimana team tersebut mampu menyelesaikan pekerjaan atau permasalahan yang ada dengan kemampuan yang dimiliki oleh anggotanya. Di sisi lain peserta juga diharapkan tumbuhnya kesadaran dalam diri masing-masing, bahwa alam dan lingkungan hidup merupakan media yang paling efektif untuk menumbuhkan sifat dan karakter masing-masing orang sehingga muncul kesadaran lain untuk ikut menjaga lingkungan hidup di sekitarnya sebagai wujud seorang pemimpin yang adil dan bertanggung jawab.

Salah satu permasalahan yang cukup rumit dan paling sering dibahas saat ini adalah masalah sampah, apalagi dikota besar, selain pengaruhnya besar sekali terhadap kesehatan, juga akan berpengaruh terhadap nilai estetika suatu tempat. Apabila anda ingin mengetahui pengelolaan sampah dengan tepat, maka PPLH Puntondolah tempatnnya.

Di sana anda akan menjawab sendiri penyelesaian sampah melalui langkah pemecahan seperti, Mengurangi pemakaian, Memakai kembali, Daur ulang, Mengisi Kembali dan Mengisi kembali produk isi ulang.

Selain menikmati suasana laut, anda juga bisa menambah wawasan tentang Ekosistem laut sebagai salah satu ekosistem di dunia, di Puntontondo. Lokasi PPLH Puntondo yang terletak di tepi laut merupakan tempat yang cocok untuk belajar ekosistem laut. Apalagi didukung dengan jenis ekosistem yang beragam, mulai dari ekosistem lamun Puntondo, Ekosistem mangrove Puntondo, Ekosistem terumbu karang Puntondo dan pasir.

Anda bisa menyusuri pantai untuk menggali dan mengamati kehidupan pasir putih, menyusuri hutan bakau untuk mengamati berbagai aktivitas satwa didalamnya, menuju padang lamun untuk mengamati binatang-binatang kecil yang berlindung diantara lamun atau Mengamati terumbu karang dengan menggunakan speed boat. Bagi yang bisa berenang boleh menyelam dan mengamati langsung dengan menggunakan alat snorkel, tapi yang tidak bisa berenang dapat melihat karang lewat kaca yang sudah disiapkan di speed boat.

PPLH Puntondo yang peletakan batu pertamanya pada 18 Agustus 1998, diresmikan pada 15 Oktober 2001. Keberadaan PPLHP di Sulawesi Selatan dilatarbelakangi oleh rasa kepedulian terhadap kerusakan lingkungan yang terjadi begitu cepat dan keberadaannya tidak lepas dari peran serta dan dukungan masyarakat, LSM, Universitas, sekolah-sekolah, pemerintah serta individu.

Khusus bagi anda yang ingin menikmati suasana teluk di Puntondo selama beberapa hari, tersedia bungalow enam unit. Setiap bungalow di bangun dengan konsep terbuka dan pendekatan terhadap alam, akan memberi kesan tersendiri untuk anda. Tersedia 2 bungalow VIP ( Kerapu dan kakap) yang cocok untuk bermalam sebuah keluarga kecil. PPLH juga memiliki 4 buah bungalow biasa yang dapat memuat masing-masing 6 orang; sangat cocok untuk Anda dan sahabat menikmati suasana pesisir yang ramah lingkungan.

Untuk mencapai tempat wisata pendidikan ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Makassar ke Puntondo yang jaraknya sekitar 60 KM. Sedang dengan kendaraan umum anda bisa menggukana angkot antar daerah yang disebut pete-pete trayek Makassar Manggadu Kab. Takalar. Dari Mangngadu yang merupakan kota kecamatan Mangngara Bombang ini, anda Kemudian melanjutkan dengan menggunakan transportasi ojek motor ke Puntondo.[KM5]

Sumber: http://www.kabarmakassar.com/?p=21344

Tidak ada komentar:

Posting Komentar