Rabu, 12 Desember 2012

Gaet Wisatawan, Tingkatkan Pelayanan


Rabu, 12 Desember 2012 

MAKASSAR,  -- Daya tarik objek tak cukup untuk memikat wisatawan. Pelayanan yang memuaskan dan promosi juga sangat menentukan.

Hal itu mengemuka dalam Business Meeting Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sulsel yang dihadiri, Ketua Perhimpunan Hotel dan Resotran Indonesia (PHRI) Sulsel, Anggiat Sinaga dan Ketua DPD ASITA Sulsel Didi Leonardo Manaba di Hotel Santika, Selasa, 11 Desember.

Pertemuan yang digagas Disbudpar Sulsel merupakan upaya untuk membangun pariwisata dengan menambah daya saing dan daya tarik bagi wisatawan. Daya saing dan daya tarik termasuk kualitas pelayanan seluruh stakeholder.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulsel Jufri Rahman mengatakan, pelayanan sektor pariwisata di Sulsel, merupakan pekerjaan rumah yang harus dituntaskan.

"Keluhan dari wisatawan masih kerap terdengar. Ini harus disikapi PHRI, ASITA dan semua stakeholder untuk meningkatkan kualitas layanan. Penjabarannya harus menyentuh hingga ke tingkat bawah, mulai dari angkutan, layanan hotel hingga restoran," urai Jufri.

Dia pun mengatakan, jika Sulsel serius mengelola pariwisata, wajib mengukur kualitas layanan yang telah diberikan kepada wisatawan. "Bisa dengan cara membuat kuesioner kepuasan layanan dan produk sektor pariwisatanya," katanya.

Sekaitan peningkatan kualitas pelayanan tersebut, PHRI Sulsel juga menargetkan 60 persen dari jumlah karyawan hotel sudah memiliki sertifikasi kompetensi standar pelayanan hotel pada tahun 2012 ini.

"Karyawan hotel sedang mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi, yang dilakukan lembaga sertifikasi profesi hotel dan restoran (LSPHR)," kata Ketua PHRI Sulsel Anggiat Sinaga. (aci/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121212000625-gaet-wisatawan-tingkatkan-pelayanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar