Jumat, 12 Oktober 2012

Lovely December Fokuskan Turis Lokal


Jumat, 12 Oktober 2012
 
Jufri Rahman

 MAKASSAR, -- Lovely December kembali akan digelar di Toraja. Puncaknya pada 27 Desember. Sejumlah kalangan mengkritik event ini karena digelar saat wisatawan mancanegara justru memilih pulang ke negaranya merayakan Natal.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jufri Rahman, menjawab kritikan itu. Menurut dia, Lovely December memang difokuskan untuk menggaet turis lokal, khususnya warga asli Toraja di perantauan.

"Rata-rata orang Toraja kan pulang untuk merayakan Natal di kampungnya. Nah, itu yang jadi incaran kita," kata Jufri di kantornya, Kamis, 11 Oktober.

Disbudpar Sulsel coba memanfaatkan konsep "Toraja Mamali" atau rindu Toraja. Masyarakat yang pulang kampung diharapkan menjadi pendorong kegiatan ekonomi. Konsep itu mirip Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM). Pengusaha pulang kampung sambil melakukan konsolidasi ekonomi.

"Yang jelas, Lovely December mampu mengatrol tingkat hunian hotel di Toraja. Saat ini, okupansi di sana sudah di atas 50 persen. Padahal dulunya sangat rendah," klaim Jufri.

Lovely December memang sudah dimulai sejak Maret lalu. Puncaknya pada Desember mendatang atau dirangkaikan dengan perayaan Natal.

Selain Lovely December, Disbudpar Sulsel juga sedang bersiap dengan Takabonerate Island Expedition 2012, 19-21 November. Kegiatan ini juga diyakini bisa meningkatkan tingkat kunjungan ke Selayar.

Ekspedisi ini direncanakan diikuti 200 peserta untuk fun trip. "Fishing tournament melibatkan peserta dari enam negara," tambah Jufri.

Takabonerate Island Expedition 2012 diharapkan tak hanya membuat transaksi ekonomi meningkat, namun juga mampu mempromosikan Selayar sebagai tempat yang pas untuk kegiatan maritim. (zul/upi)


Sumber: http://www.fajar.co.id/read-20121011232215-lovely-december-fokuskan-turis-lokal%27#.UHfe1QhmNr4.twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar