Rabu, 21 November 2012

Pemprov Usul APBD 2013 Rp4,8 Triliun


Rabu, 21 November 2012
MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel mengusulkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) pokok 2013 sebesar Rp4,8 triliun. Usulan anggaran tersebut hanya mengalami kenaikan Rp100 miliar dibanding APBD 2012 senilai Rp4,7 triliun.

Untuk 2013, pembelanjaan APBD akan difokuskan pada penyelesaian sejumlah kebijakan umum terkait penuntasan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta rencana kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Selain itu, anggaran triliunan tersebut juga akan digunakan untuk menyikronkan 12 proyek yang merupakan instruksi pemerintah pusat di daerah seperti program pengentasan kemiskinan, pendidikan, serta kesehatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel Yaksan Hamzah menyebutkan, pengusulan ran-cangan APBD tersebut telah dimasukkan ke DPRD Sulsel sejak pekan lalu.Yaksan mengakui, pengusulan R-APBD tersebut agak terlambat dari tahun sebelumnya.

Kendati demikian, dia tetap optimis,APBD 2013 bisa disahkan sebelum akhir tahun 2013. “Ini memang sudah agak terlambat. Kita harapkan DPRD bisa mengefektifkannya, sehingga pertengahan Desember nanti sudah bisa rampung,” ujarnya kepada SINDO kemarin.

Sementara itu,Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulsel Hoist Bachtiar yang dikonfirmasi mengaku, Banggar telah menerima usulan RAPBD 2013 dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Menurut dia, pihaknya pun telah melakukan rapat internal di Banggar mengenai usulan tersebut, dan pada hari ini akan dilanjutkan dengan pembahasan dengan TPAPD Sulsel.

“Dari hasil rapat internal di Banggar, kita yakin pengesahan tahun ini tidak akan terlambat. Kita ancang-ancang, pada 11 atau 12 Desember nanti itu sudah selesai rapat gabungan komisi, selanjutnya diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dievaluasi,” ungkap legislator Fraksi Partai Golkar ini.

Hal senada disampaikan ang-gota Banggar lainnya,Ariady Arsal. Legislator dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini memperkirakan, ketuk palu APBD 2013 nantinya bisa dilaksanakan sebelum 25 Desember 2012. ● wahyudi 
Sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/pemprov-usul-apbd-2013-rp48-triliun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar