Selasa, 28 Februari 2012

Karateka Sulsel Siap Ramaikan Seleksi Timnas


SELASA, 28 FEBRUARI 2012

MAKASSAR, - Dengan ditetapkannya Indonesia sebagai pelaksana  The World Karate Federation (WKF) 2012, secara otomatis seluruh atlet karateka nasional peraih emas Sea Games akan mendapatkan seleksi yang ketat di Jakarta pada Maret mendatang.
Sekretaris Umum (Sekum) Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), Sulsel,  Prof. Musakkir, Senin, 27 Februari, menjelaskan, Indonesia menjadi tuan rumah WKF Premier League keenam adalah, sebuah ajang untuk mengukur prestasi atlet karateka dunia yang dalam satu tahun minimal akan ada lima kompetisi dan maksimalnya 10 kompetisi.
Menurut Musakkir, peserta kompetisi yang ikut ambil bagian merupakan atlet pilihan yang terdaftar dalam keanggotaan WKF dan mendapat kartu identitas WKF.
Bahkan, lanjut dia, pemenang kompetisi karate WKF akan mendapatkan medali, dan hadiah berupa uang.
Ia menjelaskan, setiap atlet nantinya akan mendapat skor dan peringkat sesuai sistem WKF.
“Peraih skor dan peringkat tertinggi pada akhir putaran sesi liga utama WKF disebut Grand Winner,” kata Musakkir di kantor KONI Sulsel.
Sementara itu data yang dihimpun terkait medali dan hadiah uang di WKF VI di Indonesia. Sepertinya bagi sang juara  pertama perorangan akan meraih 300 euro, kedua 200 euro, dan ketiga 100 euro, sedangkan juara pertama tim 600 euro, kedua 400 euro, dan ketiga 200 euro.
Kemudian untuk peraih skor dan peringkat tertinggi perorangan akan mendapatkan hadiah uang 1.000 euro dan tim 1.500 euro. 
“Yang pasti 13 atlet karateka nasional yang dimiliki Sulsel mendapatkan kesempatan untuk ikut seleksi timnas karate untuk diterjunkan di WKF.
Mengenai pemberangkatan atlet seperti Aswar, Hendro dkk direncanakan Maret. Namun sebelumnya mereka akan latihan gabungan secara bersama sebelum bertolak ke Jakarta,” ungkap Musakkir.
Secara terpisah atlet karate nasional asal Sulsel, Hendro, mengatakan, kekuatan atlet semua negara merata.
Pasalnya, kata dia, karena cabang olahraga karate penyebaran dan perkembangannya begitu pesat serta melahirkan banyak karateka dunia yang berkualitas.
“Kami yakin bahwa dengan posisi Indonesia berada di urutan 5 besar WKF. Maka pesaing dari negara seperti dari dataran Asia yakni, Iran, Kazhakstan, Turki serta Austria akan jadi lawan berat di WKF di Jakarta,” beber Hendro. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar