Selasa, 28 Februari 2012

KEMAMPUAN ATLET MERATA


Selasa, 28 Februari 2012
MAKASSAR – Hampir semua cabang olahraga (cabor) dari 20 cabang yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) telah menyelesaikan pertandingan kemarin. Dari hasil sementara tersebut, terlihat kemampuan atlet yang ada di daerah cukup merata. 

Beberapa daerah menunjukkan dominasinya di cabor tertentu yang memang menjadi unggulan.Di renang,misalnya,tim renang Kota Makassar mendominasi perolehan medali dengan meraih 16 emas dan 5 perak dari total 20 emas yang diperebutkan pada cabor ini. Hamgari,yang juga merupakan atlet remaja unggulan nasional,mendominasi perolehan medali dengan menyabet lima medali emas.

Peringkat kedua ditempati tim Kabupaten Soppeng dengan merebut 3 emas,4 perak,dan 6 perunggu.Di tempat ketiga ditempati Gowa dengan perolehan medali 1 emas,3 perak,dan 4 perunggu. Ketua Harian Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan Abdul Muin mengungkapkan,dari hasil kejuaraan tersebut terlihat grafik peningkatan pada kemampuan para atlet daerah.

“Ada beberapa atlet yang menunjukkan prestasi yang meningkat,seperti beberapa atlet dari Soppeng,”katanya kemarin. Meski demikian,dia tak membantah dominasi Hamgari sebagai atlet junior nasional masih belum bisa ditaklukkan. Atlet ini bahkan kerap menyumbangkan medali untuk tim renang junior Indonesia di beberapa kejuaraan dunia.

“Hamgari memang tak bisa menemukan lawan di ajang ini,tetapi yang kami syukuri para atlet lain menunjukkan peningkatan dari rekor catatan waktu mereka sendiri sebelumnya,” paparnya. Di cabor pencak silat,Bantaeng menjadi daerah yang keluar sebagai juara umum setelah mampu mengalahkan saingan beratnya tim Kota Palopo.Tim Bantaeng meraih 2 emas dan 1 perak,sedangkan Palopo meraih 1 emas dan 1 perungu.

Di cabang olahraga panahan,Kabupaten Pangkep mampu keluar sebagai juara cabor setelah mampu meraih 3 emas,4 perak,dan 3 perunggu.Di peringkat kedua ditempati Toraja Utara dengan perolehan tipis 3 emas dan 2 perak.Makassar juga hanya menempati peringkat ketiga di cabor ini dengan perolehan medali 2 emas,2 perak, dan 3 perunggu.

Sampai kemarin,Popda tinggal menunggu hasil akhir cabang sepak bola yang rencananya akan memasuki babak final hari ini.“Final sepak bola akan menandai penutupan Popda kali ini. Rencananya,penutupan akan digelar hari ini,”ungkap Kepala Seksi Olahraga Pelajar dan Mahasiswa Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulsel Subandri.

Kepala Dispora Sulsel Andi Ilham Gahazaling mengatakan hasil tersebut diharapkan akan menjadi awal untuk para atlet terus mengembangkan kemampuannya.Dia berharap para atlet nanti akan kembali bersaing dalam seleksi Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) yang akan digelar dalam waktu dekat.“Semoga hasil ini akan membawa para atlet lolos ke seleksi PPLP nantinya dan mampu ditingkatkan sampai pada Pekan Olahraga Wilayah (Popwil) mendatang,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar